Senin, 16 Mei 2016

Administrasi Alat Test



Administrasi Alat Tes

 Binet dan Simon (1905), intelegensi adalah kemampuan untuk menilai, mengerti, dan menalar dengan baik. Menurut Thorndike (1921), intelegensi merupakan suatu kekuatan respon-respon individu yang dianggap baik dari sudut pandang yang benar dan nyata. Sedangkan menurut Humphreys (1971), intelegensi adalah semua keterampilan yang diperoleh, pengetahuan dan kecenderungan pertimbangan intelektual sebagai sifat dasar yang dimiliki seseorang dalam periode waktu tertentu.
Klasifikasi umum:
70 – 79 : Tingkat IQ rendah atau keterbelakangan mental
80 – 90 : Tingkat IQ rendah yang masih dalam kategori normal (Dull
Normal)
91 – 110 : Tingkat IQ normal atau rata-rata
111 – 120 : Tingkat IQ tinggi dalam kategori normal (Bright Normal)
120 – 130 : Tingkat IQ superior
131 : atau lebih Tingkat IQ sangat superior atau jenius.
Administrasi tes inteligensi :

v  Administrasi CFIT
CFIT terdiri atas 4 subtes dan setiap subtes harus dikerjakan dalam batas waktu tertentu
-          Subtes 1 – series (3 menit)
Instruksi : Di sebelah atas, anda akan menemukan sederet kotak yang berisi urutan gambar. Namun, kotak terakhir belum ada isinya. Tugas anda adalah mengisi kotak tersebut dengan gambar yang sesuai, yang bias dipilih dari enam pilihan jawaban yang tersedia, yaitu A, B, C, D, E dan F. Perlu diingat bahwa gambar-gambar pada soal memiliki pola tertentu sehingga untuk mengisinya,anda perlu mengetahui pola dari urutan gambar tersebut.
-          Subtes 2 – Classification (4 menit)
Instruksi : Pada setiap soal, anda akan menemukan 5 buah gambar yang disusun secara berdampingan. Telitilah gambar-gambar tersebut. Tugas anda adalah menemukan tepat DUA gambar yang memiliki karakteristik yang serupa. TIGA gambar lainnya berfungsi sebagai pengecoh anda, sehingga berhati-hatilah dalam menentukan pilihan.
-          Subtes 3 – Matrices (3 menit)
Instruksi : Di bagian sebelah kiri, anda akan menemukan sebuah kotak besar, yang di dalamnyaterdapat kotak-kotak kecil bergambar. Anggaplah ini adalah gambar sebuah sapu tangan, di mana kotak-kotak tersebut memiliki pola tertentu. Perhatikan bahwa bagian sebelah kanan bawah masih kosong. Tugas anda adalah melengkapi bagian kosong tersebut dengan salah satu dari 5 pilihan jawaban di sebelah kanan.
-          Subtes 4 – Condition / typology (2,5 menit)
Instruksi : Pilihlah satu dari kelima jawaban yang mencerminkan kondisi yang sama dengan gambar contoh di sebelah kiri.
Peralatannya :
-          Buku soal CFIT
-          Lembar jawaban
-          Stopwatch
-          Alat tulis (pensil)
Administrasi tes minat  :
v  Tes Holland
Kelebihan à Arahnya sudah jelas dan dapat mengetahui karakteristik.
Kekurangan à Kurang meninjauh 6 tipe kepribadian & tidak menunjukkan fase tertentu, testee menjawab faking, kemungkinan terdapat bias, dan terdapat batasan usia.
v  Tes RMIB
Kelebihan à Lebih mudah dikerjakan oleh subyek, score dapat disusun dengan lebih cepat, lebih cocok diberikan kepada orang dewasa, hasil keseluruhan menunjukkan pola interest subjek, dan dapat diberikan secara klasikal/individual.
Instruksi :
1.       Pertama-tama katakan kepada mereka : “Bila saudara sudah menerima formulir, tulislah lama, dan keteramngan-keterangan lain mengenai diri sudara di kolom yang sudah disediakan di sebelah atas dalam formulir”.
2.       Sesudah beberapa saat, di lanjutkan : “Kemudian bacalah instruksi yang terdapat dalam formulir tersebut” BUnyi instruksi secara tepatnya adalah sebagai berikut” di bawah ini akan sodara temui daftar dari bermacam-macam pekerjaan yang tersusun dalam nenerapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 12 macam pekerjaan. Setiap pekerjaan merupakan keahlian khusus yang membutuhkan latihan atau pendidikan keahlian tersendiri. Mungkin hanya beberapa di antaranya yang sodara sukai. Akan tetapi disini sodara diminta untuk memilih pekerjaan mana yang ingin sodara lakukan atau paling sodara sukai, terlepas dari besar kecilnya upah atau gaji yang akan sodara terima atau apakah sodara akan berhasil dalam mengerjakannya.
3.       Di beri waktu lagi untuk beberapa saat, dan….. ;“Ada pertanyaan?”. Untuk responden dengan intelejensi yag rendah dapat diberikan beberapa ilustrasi sebagai berikut :“ Seandainya saudara mempunyai suatu daftar beberapa buah-buahan misalkan jeruk, nanas, dan rambutan. Dan kemudian saya tanyakan kepada soudara buah mana yang paling anda sukai. Apabila sodara paling suka buah mangga maka sodara tulis no atau angka 1 di belakang mangga, dan kemudian lebih suka nanas dari pada 2 yang lainnya, maka angka sodara tulis angka 2 di belakang nanas. Demikian seterusnya sehingga di belakang setiap nama buah terdapat angka yang menunjukan urutan dari buah-buah kesukaan sodara.
4.       Apabila tidak terdapat pertanyan maka instruksi data di teruskan: “sekarang kerjakan, dan lengkapilah formulir itu sesuai dengan instruksi tadi. mengenai beberpaa pekerjaan yang belum atau kurang saudara kenal dapat anda baca keterangannya dibagian akhir formulir ini.
5.       Apabila saudara membuat kesalahan coretlah nomor yang salah tersebut dan tulislah angka yangg benar di samping angka yang salah. Saudara selesai mengerjakannya dapat mengembalikan formulir tersebut.
6.       Kemudian sesudah responden selesai mengisi atau membuat rengking kepada mereka di instruksikan untuk menulis 3 jenis pekerjaan yang disukainya, tidak tergantung pada jenis pekerjaan yang terdapat di dalam daftar. boleh menulis pekerjaan yang terdapat dalam daftar boleh juga tidak. Waktu pengambilan tes tidak terbatas akan tetapi biasanya seorang dewasa dapat mengerjakannya 20 menit.

Administrasi tes personality
Ψ    Administrasi RMIB
Tes interest Rothwell-Miller (RMIB) dapat diberikan kepada seseorang secara perseorangan ataupun masal. Kepada mereka diinstruksikan untuk membuat ranking dari daftar pekerjaan yang tersedia dalam formulir tes. Ranking di mulai dengan no. 1 untuk pekerjaan yang paling disukai dalam satu kelompok dan berakhir dengan no. 12 untuk pekerjaan yang paling tidak disukai, sesuai dengan jumlah pekerjaan yang terdapat satu kelompok. Instruksi biasanya sudah terdapat dalam formulir sehingga bagi mereka responden yang sudah dewasa dapat di instruksikan untuk membaca sendiri kecuali untuk orang dewasa yang mempunya intelegensi rendah.
Bagi yang terakhir ini diadakan pengecualian, disebabkan karena mereka dianggap atau diragukan kemampuannya untuk memahami maksud instruksi yang terrtulis, sehingga perlu diberikan beberapa contoh untuk dapat mengerjakannya dengan tepat. Bahkan ini pun masih harus di lengkapi dengan memeriksanya setiap saat untuk mencegah kemungkinan berbuat kesalahan.

Instruksi secara mendetail adalah sebagai berikut :
1.       Pertama-tama katakan kepada mereka : “Bila saudara sudah menerima formulir, tulislah lama, dan keterangan-keterangan lain mengenai diri saudara di kolom yang sudah disediakan di sebelah atas dalam formulir”.
2.       Sesudah beberapa saat, di lanjutkan : “Kemudian bacalah instruksi yang terdapat dalam formulir tersebut” Bunyi instruksi secara tepatnya adalah sebagai berikut” di bawah ini akan saudara temui daftar dari bermacam-macam pekerjaan yang tersusun dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 12 macam pekerjaan. Setiap pekerjaan mermerlukankan keahlian khusus yang membutuhkan latihan atau pendidikan keahlian tersendiri. Mungkin hanya beberapa di antaranya yang saudara sukai. akan tetapi di sini saudara diminta untuk memilih pekerjaan mana yang ingin saudara lakukan atau paling saudara sukai, terlepas dari besar kecilnya upah atau gaji yang akan sodara terima atau apakah saudara akan berhasil dalam mengerjakannya
3.       Diberi waktu lagi untuk beberapa saat, dan….. ;“Ada pertanyaan?” Untuk responden dengan intelegensi yag rendah dapat diberikan beberapa ilustrasi sebagai berikut :“ Seandainya saudara mempunyai suatu daftar beberapa buah-buahan misalkan jeruk, nanas, dan rambutan. dan kemudian saya tanyakan kepada saudara buah mana yang paling anda sukai. apabila saudara paling suka buah mangga maka saudara tulis no atau angka 1 di belakang mangga, dan kemudian lebih suka nanas dari pada 2 yang lainnya, maka angka saudara tulis angka 2 di belakang nanas. demikian seterusnya sehingga di belakang setiap nama buah terdapat angka yang menunjukan urutan dari buah-buah kesukaan saudara.
4.       Apabila tidak terdapat pertanyan maka instruksi data di teruskan: “sekarang kerjakan, dan lengkapilah formulir itu sesuai dengan instruksi tadi. mengenai beberapa pekerjaan yang belum atau kurang saudara kenal dapat anda baca keterangannya dibagian akhir formulir ini.
5.       Apabila saudara membuat kesalahan coretlah no yang salah tersebut dan tulislah angka yang benar di samping angka yang salah. Saudara selesai mengerjakannya dapat mengembalikan formulir tersebut.
6.       Kemudian sesudah responden selesai mengisi atau membuat ranking kepada mereka di instruksikan untuk menulis 3 jenis pekerjaan yang di sukainya, tidak tergantung pada
7.       jenis pekerjaan yang terdapat di dalam daftar. Boleh menulis pekerjaan yang terdapat
8.       dalam daftar boleh juga tidak. Waktu pengambilan tes tidak terbatas akan tetapi biasanya seorang dewasa dapat mengerjakannya 20 menit.
Ψ    Tes Kraeplin
Instruksi : Anda akan menemukan deretan bilangan dan terbagi dalam lajur-lajur. Tugas anda adalah menjumlahkan antara SATU bilangan dengan SATU bilangan lain yangtepat
berada di atasnya.Mulailah dari bilangan paling bawah, dan dari lajur paling sebelah kiri. Setiap saya katakan PINDAH, maka anda harus menghentikan kerja anda di satu lajur. Segera pindahlah ke lajur di sebelah kanannya. Dan begitu seterusnya sampai saya katakan selesai. Katakan pada peserta untuk MENCORET jawaban bila melakukan kesalahan. Hindari menghapus jawaban karena memakan waktu. Jangan lupa : BERI CONTOH DI PAPAN TULIS Selalu kerjakan sebanyak 41 lajur. Lajur terakhir adalah cadangan seandainya terdapat parit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar