Administrasi Alat
Tes
Binet
dan Simon (1905), intelegensi adalah kemampuan untuk menilai, mengerti, dan
menalar dengan baik. Menurut Thorndike (1921), intelegensi merupakan suatu
kekuatan respon-respon individu yang dianggap baik dari sudut pandang yang benar
dan nyata. Sedangkan menurut Humphreys (1971), intelegensi adalah semua
keterampilan yang diperoleh, pengetahuan dan kecenderungan pertimbangan
intelektual sebagai sifat dasar yang dimiliki seseorang dalam periode waktu
tertentu.
Klasifikasi umum:
70
– 79 : Tingkat IQ rendah atau keterbelakangan mental
80
– 90 : Tingkat IQ rendah yang masih dalam kategori normal (Dull
Normal)
91
– 110 : Tingkat IQ normal atau rata-rata
111
– 120 : Tingkat IQ tinggi dalam kategori normal (Bright Normal)
120
– 130 : Tingkat IQ superior
131
: atau lebih Tingkat IQ sangat superior atau jenius.
Administrasi tes inteligensi
:
v Administrasi CFIT
CFIT
terdiri atas 4 subtes dan setiap subtes harus dikerjakan dalam batas waktu
tertentu
-
Subtes 1 – series (3 menit)
Instruksi : Di sebelah atas, anda akan
menemukan sederet kotak yang berisi urutan gambar. Namun, kotak terakhir belum
ada isinya. Tugas anda adalah mengisi kotak tersebut dengan gambar yang sesuai,
yang bias dipilih dari enam pilihan jawaban yang tersedia, yaitu A, B, C, D, E
dan F. Perlu diingat bahwa gambar-gambar pada soal memiliki pola tertentu
sehingga untuk mengisinya,anda perlu mengetahui pola dari urutan gambar
tersebut.
-
Subtes 2 – Classification (4
menit)
Instruksi : Pada setiap soal, anda akan
menemukan 5 buah gambar yang disusun secara berdampingan. Telitilah
gambar-gambar tersebut. Tugas anda adalah menemukan tepat DUA gambar yang
memiliki karakteristik yang serupa. TIGA gambar lainnya berfungsi sebagai
pengecoh anda, sehingga berhati-hatilah dalam menentukan pilihan.
-
Subtes 3 – Matrices (3 menit)
Instruksi : Di bagian sebelah kiri, anda
akan menemukan sebuah kotak besar, yang di dalamnyaterdapat kotak-kotak kecil
bergambar. Anggaplah ini adalah gambar sebuah sapu tangan, di mana kotak-kotak
tersebut memiliki pola tertentu. Perhatikan bahwa bagian sebelah kanan bawah
masih kosong. Tugas anda adalah melengkapi bagian kosong tersebut dengan salah
satu dari 5 pilihan jawaban di sebelah kanan.
-
Subtes 4 – Condition / typology
(2,5 menit)
Instruksi : Pilihlah satu dari kelima jawaban
yang mencerminkan kondisi yang sama dengan gambar contoh di sebelah kiri.
Peralatannya
:
-
Buku soal CFIT
-
Lembar jawaban
-
Stopwatch
-
Alat tulis (pensil)
Administrasi tes
minat :
v Tes Holland
Kelebihan à Arahnya
sudah jelas dan dapat mengetahui karakteristik.
Kekurangan à Kurang
meninjauh 6 tipe kepribadian & tidak menunjukkan fase tertentu, testee
menjawab faking, kemungkinan terdapat bias, dan terdapat batasan usia.
v Tes RMIB
Kelebihan à Lebih
mudah dikerjakan oleh subyek, score dapat disusun dengan lebih cepat, lebih
cocok diberikan kepada orang dewasa, hasil keseluruhan menunjukkan pola
interest subjek, dan dapat diberikan secara klasikal/individual.
Instruksi :
1.
Pertama-tama katakan kepada mereka
: “Bila saudara sudah menerima formulir, tulislah lama, dan
keteramngan-keterangan lain mengenai diri sudara di kolom yang sudah disediakan
di sebelah atas dalam formulir”.
2.
Sesudah beberapa saat, di
lanjutkan : “Kemudian bacalah instruksi yang terdapat dalam formulir tersebut”
BUnyi instruksi secara tepatnya adalah sebagai berikut” di bawah ini akan
sodara temui daftar dari bermacam-macam pekerjaan yang tersusun dalam nenerapa
kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 12 macam pekerjaan. Setiap pekerjaan
merupakan keahlian khusus yang membutuhkan latihan atau pendidikan keahlian
tersendiri. Mungkin hanya beberapa di antaranya yang sodara sukai. Akan tetapi
disini sodara diminta untuk memilih pekerjaan mana yang ingin sodara lakukan
atau paling sodara sukai, terlepas dari besar kecilnya upah atau gaji yang akan
sodara terima atau apakah sodara akan berhasil dalam mengerjakannya.
3.
Di beri waktu lagi untuk beberapa
saat, dan….. ;“Ada pertanyaan?”. Untuk responden dengan intelejensi yag rendah
dapat diberikan beberapa ilustrasi sebagai berikut :“ Seandainya saudara
mempunyai suatu daftar beberapa buah-buahan misalkan jeruk, nanas, dan
rambutan. Dan kemudian saya tanyakan kepada soudara buah mana yang paling anda
sukai. Apabila sodara paling suka buah mangga maka sodara tulis no atau angka 1
di belakang mangga, dan kemudian lebih suka nanas dari pada 2 yang lainnya,
maka angka sodara tulis angka 2 di belakang nanas. Demikian seterusnya sehingga
di belakang setiap nama buah terdapat angka yang menunjukan urutan dari
buah-buah kesukaan sodara.
4.
Apabila tidak terdapat pertanyan
maka instruksi data di teruskan: “sekarang kerjakan, dan lengkapilah formulir
itu sesuai dengan instruksi tadi. mengenai beberpaa pekerjaan yang belum atau
kurang saudara kenal dapat anda baca keterangannya dibagian akhir formulir ini.
5.
Apabila saudara membuat kesalahan
coretlah nomor yang salah tersebut dan tulislah angka yangg benar di samping
angka yang salah. Saudara selesai mengerjakannya dapat mengembalikan formulir
tersebut.
6.
Kemudian sesudah responden selesai
mengisi atau membuat rengking kepada mereka di instruksikan untuk menulis 3
jenis pekerjaan yang disukainya, tidak tergantung pada jenis pekerjaan yang
terdapat di dalam daftar. boleh menulis pekerjaan yang terdapat dalam daftar
boleh juga tidak. Waktu pengambilan tes tidak terbatas akan tetapi biasanya
seorang dewasa dapat mengerjakannya 20 menit.
Administrasi
tes personality
Ψ
Administrasi RMIB
Tes interest
Rothwell-Miller (RMIB) dapat diberikan kepada seseorang secara perseorangan
ataupun masal. Kepada mereka diinstruksikan untuk membuat ranking dari daftar
pekerjaan yang tersedia dalam formulir tes. Ranking di mulai dengan no. 1 untuk
pekerjaan yang paling disukai dalam satu kelompok dan berakhir dengan no. 12
untuk pekerjaan yang paling tidak disukai, sesuai dengan jumlah pekerjaan yang
terdapat satu kelompok. Instruksi biasanya sudah terdapat dalam formulir
sehingga bagi mereka responden yang sudah dewasa dapat di instruksikan untuk
membaca sendiri kecuali untuk orang dewasa yang mempunya intelegensi rendah.
Bagi yang terakhir ini
diadakan pengecualian, disebabkan karena mereka dianggap atau diragukan
kemampuannya untuk memahami maksud instruksi yang terrtulis, sehingga perlu
diberikan beberapa contoh untuk dapat mengerjakannya dengan tepat. Bahkan ini
pun masih harus di lengkapi dengan memeriksanya setiap saat untuk mencegah
kemungkinan berbuat kesalahan.
Instruksi secara mendetail adalah
sebagai berikut :
1.
Pertama-tama katakan kepada mereka
: “Bila saudara sudah menerima formulir, tulislah lama, dan
keterangan-keterangan lain mengenai diri saudara di kolom yang sudah disediakan
di sebelah atas dalam formulir”.
2.
Sesudah beberapa saat, di
lanjutkan : “Kemudian bacalah instruksi yang terdapat dalam formulir tersebut”
Bunyi instruksi secara tepatnya adalah sebagai berikut” di bawah ini akan
saudara temui daftar dari bermacam-macam pekerjaan yang tersusun dalam beberapa
kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 12 macam pekerjaan. Setiap pekerjaan
mermerlukankan keahlian khusus yang membutuhkan latihan atau pendidikan
keahlian tersendiri. Mungkin hanya beberapa di antaranya yang saudara sukai.
akan tetapi di sini saudara diminta untuk memilih pekerjaan mana yang ingin
saudara lakukan atau paling saudara sukai, terlepas dari besar kecilnya upah
atau gaji yang akan sodara terima atau apakah saudara akan berhasil dalam
mengerjakannya
3.
Diberi waktu lagi untuk beberapa
saat, dan….. ;“Ada pertanyaan?” Untuk responden dengan intelegensi yag rendah
dapat diberikan beberapa ilustrasi sebagai berikut :“ Seandainya saudara
mempunyai suatu daftar beberapa buah-buahan misalkan jeruk, nanas, dan
rambutan. dan kemudian saya tanyakan kepada saudara buah mana yang paling anda
sukai. apabila saudara paling suka buah mangga maka saudara tulis no atau angka
1 di belakang mangga, dan kemudian lebih suka nanas dari pada 2 yang lainnya,
maka angka saudara tulis angka 2 di belakang nanas. demikian seterusnya
sehingga di belakang setiap nama buah terdapat angka yang menunjukan urutan
dari buah-buah kesukaan saudara.
4.
Apabila tidak terdapat pertanyan
maka instruksi data di teruskan: “sekarang kerjakan, dan lengkapilah formulir
itu sesuai dengan instruksi tadi. mengenai beberapa pekerjaan yang belum atau
kurang saudara kenal dapat anda baca keterangannya dibagian akhir formulir ini.
5.
Apabila saudara membuat kesalahan
coretlah no yang salah tersebut dan tulislah angka yang benar di samping angka
yang salah. Saudara selesai mengerjakannya dapat mengembalikan formulir
tersebut.
6.
Kemudian sesudah responden selesai
mengisi atau membuat ranking kepada mereka di instruksikan untuk menulis 3
jenis pekerjaan yang di sukainya, tidak tergantung pada
7.
jenis pekerjaan yang terdapat di
dalam daftar. Boleh menulis pekerjaan yang terdapat
8.
dalam daftar boleh juga tidak.
Waktu pengambilan tes tidak terbatas akan tetapi biasanya seorang dewasa dapat
mengerjakannya 20 menit.
Ψ
Tes Kraeplin
Instruksi : Anda akan menemukan deretan
bilangan dan terbagi dalam lajur-lajur. Tugas anda adalah menjumlahkan antara
SATU bilangan dengan SATU bilangan lain yangtepat
berada di atasnya.Mulailah dari bilangan
paling bawah, dan dari lajur paling sebelah kiri. Setiap saya katakan PINDAH,
maka anda harus menghentikan kerja anda di satu lajur. Segera pindahlah ke
lajur di sebelah kanannya. Dan begitu seterusnya sampai saya katakan selesai.
Katakan pada peserta untuk MENCORET jawaban bila melakukan kesalahan. Hindari
menghapus jawaban karena memakan waktu. Jangan lupa : BERI CONTOH DI PAPAN
TULIS Selalu kerjakan sebanyak 41 lajur. Lajur terakhir adalah cadangan
seandainya terdapat parit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar